About

Masyarakat dunia saat ini menghadapi persoalan serius terkait dengan degradasi sumber daya alam, energi dan serta lingkungan hidup. Pemanfaatan dan eksploitasi sumber daya alam yang tidak diimbangi dengan upaya konservasi mulai menampilkan dampak negatif terhadap keberlangsungan lingkungan hidup.

Hal ini tidak hanya mengancam keberlangsungan alam, tetapi juga keberlangsungan hidup manusia sendiri. Tak heran saat ini pembangunan yang ramah lingkungan atau yang dikenal dengan konsep “Green Economy” mulai dilakukan semua negara sebagai upaya mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang telah terjadi saat ini.

Tim Eco-preneur SDN Petemon XIII Surabaya, saat pelaksanaan program tahun 2012, sedang melakukan pengemasan produk daur ulang sebelum dijual kepada warga sekolah

Tim Eco-preneur SDN Petemon XIII Surabaya, saat pelaksanaan program tahun 2012, sedang melakukan pengemasan produk daur ulang sebelum dijual kepada warga sekolah

Saat ini dimana setiap negara mengusung konsep ramah lingkungan dalam semua aktifitasnya. Konsep green energy, green lifestyle bahkan green building menjadi trend dunia saat ini.  Melalui program Eco-preneur bagi sekolah-sekolah atau kewirausahaan berbasis lingkungan hidup ini kita dapat turut ambil bagian dalam pelestarian lingkungan.

Program ini sangat bagus diterapkan di tingkat sekolah karena dapat memberikan pembelajaran kemandirian serta peduli lingkungan bagi remaja sedari dini. Dalam program Eco-preneur ini siswa akan mengembangkan usaha dalam upaya perbaikan kualitas lingkungan hidup di sekolah.

Eco-preneur 2013 ini bukan program pertama yang diselenggarakan Tunas Hijau. Tahun 2012, Tunas Hijau telah mengujicobakan program ini secara swadaya kepada 15 Sekolah Dasar Surabaya. Hasilnya spektakuler. Semua sekolah peserta program tahun 2012 melaksanakan program wirausaha lingkungan hidup.

Satu tim sekolah bahkan ada yang berhasil running dengan 3 usaha dan bisa meraup keuntungan dari pengelolaan lingkungan hidup hingga 3 juta rupiah dalam kurun waktu 3 bulan. Sampah terolah, uang di genggaman mereka, semangat terjaga, jiwa wirausaha dan lingkungan hidup jadi indah terjaga.